Kamis, 04 November 2010

INFO SINGKAT: SITUS BUDAYA PULAU GEMANTUNG DIEKSPOS DI SITUS RESMI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR


Alhamdulillah, beberapa situs peninggalan budaya dan sejarah yang ada di Pulau Gemantung diantaranya Makam Syech (Muyang Tuan) dan Rumah Pangeran Bengkulah termasuk kedalam warisan budaya Kabupaten Ogan Komering Ilir, informasi lebih lanjut dapat dilihat di web/situs resmi Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Kita sebagai masyarakat Pulau Gemantung pastinya boleh berbangga atas apresiasi pemerintah tersebut. Walaupun jika kita cermati lebih dalam, penyajian data pada web/situs tersebut khususnya pada kolom "Budaya" masih sangat sederhana dan kurang begitu menarik serta tidak menampilkan unsur budaya melalui alat bantu/media visualisasi, baik berupa foto ataupun video. Namun dibalik kekurangan yang ada, bagi kita hal tersebut merupakan langkah awal yang baik guna kelangsungan gerakan pelestarian budaya di Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Sebagai respon positif yang lebih lanjut dari masyarakat Pulau Gemantung, tentunya sangat diharapkan agar kita lebih dapat menghargai dan menghormati budaya dan sejarah kita sendiri. Karena jika bukan kita sebagai generasi penerusnya, lalu siapa lagi yang akan melestarikan, mengangkat dan mengembangkan kembali nilai budaya yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar